Jumat, 12 April 2013

Prompt #9: Parfum



Rimbunan pohon bambu. Selepas itu jembatan yang paling besar di kota kecamatan ini, berdiri kokoh melintasi sungai lebar yang airnya selalu kecoklatan.  Lalu setelah tikungan di depan itu, aku sampai ke rumahmu Nin. Tunggu aku.

Lima tahun berlalu sejak saat itu, tak pernah sekalipun aku alpa menjengukmu setiap libur lebaran. Tak pernah aku alpa membawakan parfum kesukaanmu. Parfum dengan aroma yang selalu mengingatkanku akan wangi tubuhmu. Ah, aku rindu kamu Nin.

Kuparkir motorku. Kurapikan baju batikku. Aku selalu dandan rapi setiap kali hendak menemuimu. Kamu tahu itu.

Sebelum melangkah menuju rumahmu, kuambil kantong plastik yang sudah kusiapkan di stang sepeda motor. Lalu aku segera masuk. Rumah Nina selalu rapi, sepertinya baru saja dibersihkan. Apakah dia tau kalau aku mau datang? Padahal, selama ini tak pernah sekalipun kuberitahukan padanya rencana kedatanganku. Nina paling suka kejutan.

Hai Nin..

Aku datang lagi. Aku membawakan parfum kesukaanmu,” kurogoh kantong plastik yang kubawa. Kukeluarkan botol kaca keemasan dengan pita pink terikat di leher botol. Kuletakkan di sisinya.

Tapi maaf Nin, mungkin itu akan jadi parfum terakhir dariku..” kepalaku tertunduk.

Lima tahun sudah cukup bagiku Nin. Aku sudah menemukan calon isteri sekarang. 2 minggu lagi kami akan menikah,” aku menarik nafas panjang.

Ini undangan kami,” kuambil benda lain dari dalam kantong plastik tadi. Sebuah undangan pernikahan.

Terima kasih atas semuanya Nin.. Tapi aku tak bisa terus begini. Aku harus melangkah lagi. Wanita itu telah mengulurkan tangannya padaku,” aku bangkit.

Selamat tinggal ya Nin. Jangan sedih, sesekali nanti kukenalkan kau dengannya..

Kuusap batu nisan di atas pusara itu, lalu melangkah pergi.

Kustarter sepeda motor, pelan meninggalkan pemakaman keluarga besar Nina, rumah peristirahatannya yang terakhir. Di tengah jembatan kuberhenti sejenak. Matahari sedang tenggelam di ujung sungai. 


*ditulis untuk memeriahkan Prompt #9: Parfum

19 komentar:

  1. idenya oke, mbak. coba dari awal jangan dikasih tau kalau "aku" ke makamnya Nin, pasti endingnya lebih nampol, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya mbak? Okedeh
      Tapi bingung mau nggak ngasih taunya, hehe
      Siip, makasih masukannya mbak Isti :)

      Hapus
  2. Owalah, twist-nya berada di tengah.

    Sejak baca >> menjengukmu setiap libur lebaran...
    kok saya sudah punya feeling kalau si aku mau ke kuburan? Soalnya di daerah saya, pemakaman memang banyak dikunjungi setiap (sebelum dan saat) lebaran. Clue-nya dapet :)

    "Sebelum melangkah menuju rumahmu... Lalu aku segera masuk. Makam Nina rapi, sepertinya baru saja dibersihkan...."

    Nah, kalau dari awal di sebut rumah Nina, selanjutnya biarkan angan pembaca membayangkan itu sebuah rumah beneran. Nanti di ending baru diceritakan kalau itu sebenarnya makam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Twist di tengah itu, boleh nggak mbak? Atau twist harus selalu di ending cerita ya?

      Iya, sempet kepikiran mau bikin ending kayak gitu. tapi susah cari kata2 :D

      Hapus
    2. Akhirnya saya edit juga mbak, hehehe

      Hapus
    3. Yippiiiiy... ini oke.

      Kesannya si aku sedang mengunjungi kekasihnya yang sedang tak berdaya (entah sakit lumpuh atau apa gitu). Dan pembaca akan terkejut saat adegan mengusap nisan itu. Nice story :D

      Hapus
    4. Horeee!
      Makasih mbak Nurusyainie :D

      Hapus
  3. eh ini udah di edit ya..
    menyentuuuuuuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mbak
      atas saran mbak isti dan mbak nurusyinie :))

      Hapus
  4. wha.. ini udah editan ya :)))

    nice...

    BalasHapus
  5. ternyata nin nya udah gak ada -.-
    ajaibnya cinta, bisa nunggu sampe 5 tahun gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulaah..
      Ada orang yang susah move on *bukan pengalaman pribadi :p

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...