Rabu, 03 Oktober 2012

Metro Mini CILEUNGSI-SENEN

Siapa tau ada yang sedang cari-cari informasi angkutan dari arah Cibubur-Senen, di sini saya pengen cerita tentang moda transportasi yang biasa saya pakai kalau pulang kantor.

Berangkat kantor, saya biasanya bareng suami naik mobil. Berangkat dari rumah di Cikeas jam setengah 6 pagi, masih bisa nyampe Wahidin/Lapangan Banteng jam 7 (biasanya sih 7 lewat sedikit). Tapi jangan coba-coba berangkat jam setengah 6 di hari Senin pagi. Karena macetnya minta ampun sodara-sodara. Udah terbukti di hari pertama saya berangkat ngantor dari rumah. Senin pertama, berangkat jam setengah 6 (lebih sedikiit), sampe kantor di Wahidin jam 9 kurang seperempat. Senin kemarin saya sama suami dari rumah jam 05.15 dan masih terjebak macet, tapi nggak separah Senin sebelumnya. Kemarin saya berhasil sampe kantor jam 07.50. Semoga Senin depan saya berhasil keluar dari rumah jam 05.00 pagi. Hehehe... Untuk hari selain Senin masih relatif aman berangkat dari Cikeas jam setengah 6.

Pulang kantor, saya biasanya naik Metro Mini jurusan CILEUNGSI-SENEN. Eits, bukan metromini yang warnanya merah itu yaa.. Ini metro mini yang big bus. Bisnya berwarna putih dengan aksen biru-biru. Kebanyakan yang saya naiki sih bisnya masih baguus. Cuma pernah juga dapet yang jelek. tapi masih berAC lah, paling tidak.


Kalau liat bis ini di jalan , di atas jam 5 sore, mungkin ada saya di dalamnya :D (gambar diambil dari sini)



Bis ini biasanya ngetem di samping Hotel Borobudur (Hotel Borobudur itu posisinya di depan Lapangan Banteng, sebelahan sama komplek kantor), yang artinya bis itu 'mangkal' di samping komplek kantor keuangan juga. Biasanya sebelum pulang, saya ngecek dulu, ngeliat pemandangan dari jendela kaca ke arah hotel Borobudur. Kebetulan dari lantai ruangan saya terlihat dengan jelaass.

Biasanya saya suka ngecek bisnya udah ada atau belum dari jendela di mushola. Bisnya (yang dilingkari merah) sedang mangkal kemarin sore

Di situ memang pangkalan pertamanya setelah para penumpang habis di Senen. Jadi, pas saya naik biasanya belum penuh-penuh amat. Masih banyak kursi yang bisa dipilih. Dari samping Borobudur, dia muter ke jalan Wahidin (depan kantor), lalu belok kanan ke arah terminal Senen. Nah, dari Senen lanjut deh perjalanan ke Cibubur. Masuk tolnya nggak mesti, tergantung kemacetan. Kadang dia masuk tol di Cempaka Putih, kadang di Rawamangun, kadang Jatinegara. Enaknya trayek Senen-Cibubur itu, naik bisnya cuma sekali. Jadi saya biasanya tidur di dalem bis. Tau-tau udah lagi keluar di Cibubur Junction. Lumayan kan tuh :)

Perjalanan dari Senen-Cibubur kurang lebih 1,5 - 2 jam. Lama ya memang. Kalau saya keluar kantor jam 5, bis yang saya naiki biasanya berangkat dari samping Borobudur jam setengah 6. Sampai Cibubur antara jam 7 - jam 8 malam. Turun di perempatan Nagrak (bisa juga disebut perempatan Cikeas), lanjut ngojek 5 menitan, sampe deh di rumah.

Metro Mini CILEUNGSI-SENEN start mulai jam 5 pagi dari Cileungsi. Adanya tiap setengah jam sekali. Kalau mau tau bisnya udah sampe mana, kita bisa lho telpon ke kondektur atau sopirnya. Teman sekantor yang dulu alumni penumpang sini (sekarang mbaknya udah jarang naik bis ini lagi karena dia bawa mobil sendiri), janji mau ngasih nomor pool, serta sopir-sopir bis ini. Jadi kita bisa tanya ke pool, bis mana yang mendekati SENEN, trus telpon ke sopirnya buat memastikan posisi. Jadi bisa ngejar gituu..

Oiya, karena ini bisa dibilang perjalanan jarak jauh, jadi penumpangnya biasanya itu-itu aja. Baru 2 minggu bergabung saya juga udah mulai hapal mana penumpang tetap bis ini. Biasanya yang suka heboh di bis si ibu-ibu. Ngobrol kenceng-kenceng gitu, hehehe..

Emm.. pengalaman berkesan apa yaa? Paling hari Jumat kemaren. Saya pulang kantor dan ketinggalan bis. Karena nungguin di Borobudur nggak kunjung ada bis yang datang, akhirnya saya ngojek ke Cempaka Putih. Rencananya mo nyetop bis yang udah lagi jalan. Eh, malah pas bisnya lewat saya diemin aja karena mata ini gabisa liat tulisan kecil, gabisa baca tulisan trayek bis *tepok jidat. Habis itu ngojek lagi sekitar 500meteran. Begitu naik ke dalem bis. Ga dapet tempat duduk dong. Jadilah berdiri sampe Cibubur :D

Sebenernya ada banyak alternatif moda transportasi yang bisa dipakai selain bis ini. Kayak contohnya, di Cibubur itu banyak bis yang berangkat dari perumahan-perumahan di sekitaran Cibubur, macam Kota Wisata, Citra Indah, atau Legenda Wisata. Ada juga omprengan. Tapi sejauh ini saya baru pernah naik metro mini itu saja. Jadi belum bisa cerita yang lain-lain. Mungkin lain kali kalau udah pernah naik yang lainnya, saya kasih tau lagi di sini ya..

 Oke, sekian aja sharing kali ini, semoga bermanfaat :)

7 komentar:

  1. mba selain bus metro mini, menuju senen alternatifnya apa saja ya mba? yang biasanya ngetem di simpang nagrak.. makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau setau saya sih yang langsung ke Senen ya ini aja, Senen-Cileungsi kayaknya cuma ini doang, soalnya ga pernah liat yang lain-lain :)
      Kecuali kalau mau putus sambung, mungkin bisa naik angkot 56 yang ke cawang, habis itu nyambung lagi ke Senen cari angkutan lain *belum pernah nyoba :D

      Hapus
  2. bayarnya brp ya mbak...

    trims

    BalasHapus
  3. kalau mau ke grosir pasar senen turunya mana mbak?

    BalasHapus
  4. Itu bus kira2 masih beroperasi gak sih? Qok saya jarang liat lagi.. rencana mau ke cibubur

    BalasHapus
  5. Kira2 itu bus masih beroperasi gak sih? Soalnya saya juga udah jarang ngeliat lagi lewat di jalan wahidin. Rencana sih pengen ke cibubur minggu depan.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...