Selasa, 14 Agustus 2012

Cara mudah untuk tampil cantik



Saat ia bercermin
Ia paham betul
siapa wanita di hadapannya.
Saat matanya menatap
Ia melihat dunia dengan jujur
Saat pipinya merona
Ia mengerti alam punya sejuta cerita untuknya
Dan saat bibir lembutnya tersenyum
Ia tahu itu datang dari hati
Karena cantik adalah sebuah inspirasi


Fitrah wanita ingin terlihat cantik

Wanita mana yang tak ingin tampil cantik? Saya rasa jawabannya pasti tidak ada. Semua wanita tentu ingin tampil cantik dan menarik. Kalau tidak, untuk apa salon-salon kecantikan didirikan? Untuk apa pula iklan beraneka ragam kosmetik ditayangkan? Dan untuk apa kursus kecantikan diadakan? Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah untuk memfasilitasi kaum hawa agar menjadi semakin cantik.

Bahkan di jaman yang sudah semakin canggih ini, cantik tidak hanya bisa diusahakan dengan kosmetik saja. Beragam cara dapat ditempuh seorang wanita untuk tampil cantik. Dengan operasi plastik misalnya. Oh, bahkan di negara maju sana, operasi plastik bukan hal yang tabu lagi. Semua orang berlomba-lomba mengoperasi plastik bagian wajah atau tubuhnya agar sesuai keinginan. Demi apa? Demi tampil cantik tentunya. Dan bagaimana hukum operasi plastik dalam pandangan Islam? Operasi plastik mubah hukumnya jika dilakukan demi pengobatan. Memperbaiki cacat bawaan yang sudah dibawa semenjak lahir, bibir sumbing misalnya, boleh dilakukan demi kebaikan. Tapi kalau tujuannya untuk mempercantik diri, operasi plastik hukumnya haram! Karena ia mengubah ciptaan Allah. Sama saja dengan kufur kepada nikmat pemberian Allah. 

Menjadi cantik itu mudah kok, bukan perkara sulit. Dan untuk apa kita harus mempersulit diri? Cantik itu bisa didapat kalau kita telaten merawat diri sendiri. Berikut ini tips kecantikan a la Andiah, hehehehee:

-  Mandi 2x sehari. Dengan mandi, kita berarti membersihkan badan yang penuh dengan debu dan kotoran bekas aktivitas seharian. Mandi membuat badan kita menjadi lebih segar, fresh. Mandi juga bentuk perawatan terhadap bagian tubuh kita yang lain, seperti gigi dan rambut. Karena saat mandi adalah saat kita menggosok gigi dan keramas. Karena itu, bila ingin tampil cantik, mandi hukumnya wajib!

-   Berolahraga. Olahraga selain membuat badan lebih sehat, juga membuat kita awet muda. Tidak perlu yang berat-berat. Rutinkan saja jogging, minimal setiap weekend. Insya Allah, badan jadi lebih fit

-   Makan makanan bergizi. Tentu saja. Dalam makanan, terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan kaya serat seperti buah dan sayuran, bagus untuk kesehatan kulit. Tubuh yang sehat dan kulit yang cantik, siapa yang tidak mau?

-    Banyak minum air putih. Kenapa? karena air membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

-  Melakukan perawatan untuk kulit. Setelah semua hal di atas sudah kita lakukan, ada satu lagi hal yang harus kita lakukan agar bisa tampil cantik. Perawatan dari dalam itu wajib. Tapi perawatan dari luar adalah cara untuk menjaga apa yang sudah kita biasakan secara baik. Perawatan dari luar itu seperti memakai sunblock untuk melindungi kulit dari jahatnya sinar ultra violet, memakai hand body lotion untuk menjaga kelembaban kulit, atau menggunakan lip balm untuk melembabkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah. Untuk itulah, kita memerlukan kosmetik. Kosmetik, sebagai sarana perawatan kecantikan dari luar.

Sayangnya, dewasa ini, banyak beredar di pasaran kosmetik yang tidak aman. Tidak aman, karena mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak aman, karena mengandung zat-zat yang tidak halal

Kenapa harus halal?

Kenapa kita harus concern dengan masalah halal-haram ini? Kehalalan suatu produk, apapun itu, adalah harga mati bagi seorang muslim/muslimah sejati. Perintah untuk mengkonsumsi yang halal dan larangan menggunakan yang haram sangat jelas dalam tuntunan agama Islam. Halal tidak saja menyangkut makanan yang kita konsumsi. Halal adalah keseluruhan aspek kehidupan kita. Halal is my life.

“...dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya” (Q.S. Al Maidah : 88)

“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu"  (Q.S. Al Baqarah : 168)

Untuk itulah LP POM MUI didirikan. Untuk mengkaji kehalalan suatu produk. Untuk memberikan rasa aman kepada para konsumen-Muslim, pada khususnya. LP POM MUI, adalah pihak yang memberikan sertifikasi halal untuk produk-produk yang beredar dan dikonsumsi masyarakat. Dengan adanya sertifikasi halal tersebut, kita tidak perlu khawatir akan halal-haram produk yang kita konsumsi. Alhamdullah..terima kasih kepada LP POM MUI atas usahanya yang telah menentramkan hati konsumen. 

Lantas, apakah kosmetik yang kita pakai juga harus halal? Tentu saja. Karena kosmetik nantinya akan terserap ke dalam tubuh kita. Memakai kosmetik dari bahan yang tidak halal, sama saja dengan meracuni tubuh kita dengan bahan haram tersebut. 

Berhati-hati memilih kosmetik

Kosmetik bisa jadi tidak aman dipakai karena mengandung zat berbahaya. Beberapa contoh zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik antara lain:
-     Mercuri. Digunakan dalam kosmetika karena harganya yang murah dan dapat membuat kulit wajah tampak bersih dan mengkilap dalam tempo singkat. Namun, zat berbentuk cair dan berwarna keperakan ini dapat memicu timbulnya kanker, memasuki susunan syaraf pusat, tremor, insomnia, pikun, depresi, hingga gangguan penglihatan
-         Hidroquinon, jika dipakai dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan iritasi dan alergi. (1)
-       Dibutylphthalate (DBP) atau butil ester. Fungsinya adalah untuk membantu kulit menyerap produk dengan baik. Namun, oleh US Environmental Protection Agency, DBP telah diklasifikasikan sebagai bahan yang bisa menyebabkan kanker
-   Sodium Lauryl Sulphate. Fungsinya membersihkan lapisan minyak serta menyegarkan kulit. Bahayanya terhadap tubuh, bahan ini membuat kulit menjadi rentan terhadap kotoran, wajah bisa berlubang dan kasar
-       Synthetic Perfumes. Synthetic Perfumes bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, dan reaksi lain yang serupa.
-   Cocoamide Dea Tea, biasanya terkandung dalam shampo dan pelembab wajah. Penelitian menunjukkan bahan ini bisa menghambat penyerapan kolin (suatu zat yang termasuk dalam vitamin B) untuk perkembangan fungsi otak. Selain itu, Cocoamide dapat menimbulkan jerawat, gatal, serta alergi jangka pendek.
-    Petrochemicals. Menurut penelitian, produk dengan kandungan ini dapat menyebabkan masalah ginjal, saraf, kerusakan pada otak, dan anemia jangka panjang. (2)

Sementara itu, kosmetik yang tidak aman dipakai oleh muslimah karena ketidakhalalannya adalah kosmetik yang mengandung beberapa bahan seperti tersebut di bawah ini: sodium heparin, plasenta, cairan amnion yang berasal dari babi, glyserin yang berasal dari babi, serta kolagen yang berasal dari babi.

Sodium heparin adalah mukopolisarida tersulfatasi yang banyak terdapat dalam jaringan mamalia. Bahan pembuatannya barasal dari Babi. Sodium heparin biasanya digunakan sebagai salah satu obat yang diperlukan untuk mencegah penggumpalan darah dan banyak digunakan sebagai terapi pada penderita serangan jantung. Namun, karena memiliki efek perawatan pada kulit, memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan suplai gizi serta meningkatkan ekskresi sisa metabolisme, bahan ini pun mulai banyak digunakan sebagai bahan kosmetik. Dalam dunia kosmetik, sodium heparin merupakan salah satu bahan dalam pembuatan cream untuk nutrisi kulit, cream untuk sekitar mata, produk-produk anti acne atau jerawat dan juga hair tonic.

Bahan lain yang patut dicermati dalam pembuatan kosmetik adalah plasenta. Plasenta merupakan organ manusia yang berfungsi sebagai media nutrisi untuk embrio yang ada dalam kandungan. Dalam pembuatan kosmetik, ekstrak plasenta bisa berasal dari hewan maupun manusia. Biasanya ia menjadi bahan baku krem regenerasi untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah degenerasi sel, sehingga menghasilkan fungsi kulit yang diinginkan, yaitu kulit muda belia. (3) 

Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. Hasanuddin AF menegaskan bahwa plasenta yang berasal dari hewan haram, hukumnya haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan. (4)

Produk-produk yang juga mengandung ekstrak plasenta yang ditemukan di pasar antara lain sabun mandi, lotion, perawatan kulit, dan juga bedak. Kosmetika itu dijual bebas dengan harga yang cukup mahal. Sereemm. Kalau tidak hati-hati, bisa-bisa kita terperosok menggunakan kosmetika yang tidak halal ini. so, be wise yah teman-teman.

Cantik dan Halal, Cantik a la Wardah

Wardah, kosmetik yang pasti halalnya

Cantik itu perlu. Tapi kita tidak perlu mengorbankan kesehatan, ataupun akidah kita demi kecantikan. Bagaimana caranya? Wardah kosmetik menawarkan solusinya. Sudah sejak lama saya mengenal merk kosmetik yang satu ini, tapi belum pernah secara serius saya membahasnya. Penasaran, saya pun mengobrak-abrik websitenya dan menemukan konsep kecantikan Wardah. Ada 3 prinsip utama yang dipegangnya, dan ini semakin meyakinkan saya bahwa Wardah adalah benar-benar solusi, saat pencarian terhadap produk halal dan aman semakin sulit belakangan ini. Berikut 3 prisip utama Wardah yang saya copy dari websitenya:
         1.      Pure and Safe.
Produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal, diciptakan untuk kenyamanan dan ketenangan wanita yang meggunakannya. Faktanya kulit wanita Asia berbeda dengan kulit wanita Eropa atau Amerika. Lapisan dermis (terluar) kulit wanita Asia cenderung lebih tipis, sehingga lebih sensitif dan rentan terhadap faktor luar. Cukup satu fakta ini menjadi landasan konsep kecantikan Wardah bahwa kulit wanita Indonesia membutuhkan perawatan dengan perlindungan menyeluruh. Wardah menyatukan konsep teknologi terbaru, formulasi sesuai international dermatologist standard dengan bahan-bahan alami yang berkualitas serta aman. Proses produksi melalui uji pengawasan seksama dari para ahli dan dokter kulit. Produk Wardah
o        Tidak mengandung Hydroquinon
o        Lembut
o        Diformulasikan secara tepat.

2.      Beauty Expert.
Citra awal Wardah sebagai kosmetik ditujukan untuk wanita muslim telah berkembang menjadi produk yang dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.  Wardah percaya bahwa menjadi cantik itu universal. Pengalaman belasan tahun menjadi pilihan banyak wanita Indonesia, tak hanya kaum muslimah, terkait erat dengan bagaimana Wardah selalu berinovasi serta berkreasi menjawab setiap kebutuhan. Mulai dari serangkaian kosmetik yang efektif membingkai wajah dengan warna-warna segar hingga produk perawatan kulit berkualitas tinggi. Wardah Signature Beauty menempatkan wanita Indonesia sebagai primadona yang datang dengan keunikannya masing-masing. Wardah memastikan bahwa setiap sapuan warna, bubuhan bedak atau polesan shading lembut dapat semakin menguatkan karakter wanita tersebut.
3.      Inspiring Beauty.
Dari tahun 1995 hingga saat ini, Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi. Wanita Indonesia bisa jadi telah mengadopsi dinamika kemajuan dunia, namun ia tak pernah meninggalkan nilai budaya Timur yang santun. Bagi wanita Wardah, kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Kecantikannya membuat ia merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. Menjadi cantik dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Namun sekaligus memberi inspirasi, harus tulus berawal dari hati.(5)
Ternyata, Wardah benar-benar memahami wanita Indonesia seutuhnya ya. Dan tentu saja, memahami wanita muslimah. Apa buktinya? Wardah adalah kosmetik yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Cara termudah untuk mengetahui suatu produk halal atau tidak adalah dengan melihat label halal MUI pada kemasan produk. 

Tidak cukup dengan itu, dalam rangkaian acara INDHEX (Indonesia Halal Expo) 2012, yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag), produk kosmetik Wardah mendapatkan anugerah Halal Award sebagai kategori kosmetik halal. Kereeenn.

I love Wardah cosmetic ^.^


Kecantikan yang sebenarnya, terpancar dari hati

Cantik fisik, adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kita kaum hawa. Sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat kecantikan yang diberikan Allah kepada kita. Akan tetapi, kecantikan fisik tidak akan sempurna tanpa diimbangi kecantikan yang berasal dari dalam hati kita. Ingat, Allah tidak menilai hambaNya berdasarkan penampilan fisik kita.

Cantik fisik, tapi nyebelin, bikin orang sekitar nggak nyaman dengan tingkah laku kita, itu nggak banget. Cantik fisik, tapi mulutnya hobi nggosipin orang? Naudzubillah.. Cantik itu bukan hanya wajah kita, bukan hanya kulit kita, bukan hanya fisik kita. Cantik itu, adalah keseluruhan tingkah laku kita. Makanya, wajib bagi kita untuk menjaga tutur kata dan tingkah laku kita, agar kecantikan fisik yang sudah kita upayakan, bisa lebih bersinar.

Ah, hampir terlupa. Ada satu lagi yang bisa membuat kita semakin cantik. Apa itu? Senyum. Senyum yang tulus dan ikhlas, insya Allah akan membawa kedamaian bagi siapa saja yang melihatnya :)

Sekarang, sudah siapkah kita untuk tampil cantik?


tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba BLOG #KosmetikHalal Berhadiah Gadget Keren yang diadakan BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI serta Wardah Kosmetik.





referensi:
(1) http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/11/761/30/1
(2) http://wolipop.detik.com/read/2012/06/04/145953/1932227/234/5-kandungan-kosmetik-yang-membahayakan-kesehatan
(3) http://www.halalguide.info/2010/01/13/haram-kosmetik-dari-sodium-heparin-dan-plasenta/
(4) http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/11/761/30/1
(5) http://www.wardahbeauty.com/id/about.html

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...